PRAKARYA K13 PYK 2016
Pelatihan K13 terus dilakukan pemerintah menuju kesempurnaan cita-cita pendidikan nasional begitu juga dengan provinsi dan mengerucut kekabupaten kota, kesempatan ini juga yang di ikuti oleh lebih kurang 187 peserta pelatihan k13 tingkat SMP di payahkumbuh dengan tuan Rumah SMP N 8 Payakumbuh dilaksanakan pada saat bulan ramadhan dari tanggal 21, Juni s/d 26 Juni 2016 kegiatan yang berlangsung enam hari ini di ikuti dengan antusias yang cukup baik dari peserta, seperti peserta kelas PRAKARYA yang penuh dengan pengamatan pendidikan terkini beberapa peserta menyampaikan jeritan sebagai seorang guru melihat generasi anak bangsa yang kian hari kian memprihatinkan dari merosotnya sikap dan akhlak anak seperti yang disampaikan oleh Guru SMP N 4 Jaho X Koto "pak Narudin" atau yang akrab disapa "Ayah"
beliau memaparkan kisah seorang guru yang mempersilahkan anak menghafal surat pendek namun malah anaknya berceloteh Ibu Hafal nggak? dan banyak fenomena lagi yang terjadi
oleh karena itu dengan adanya usaha memperbaiki sistem pendidikan bangsa ini besar harapan untuk mengubah sikap akhlak anak bangsa kita Amin.
sekilas untuk Revisi K13
- Nama kurikulum tidak berubah menjadi kurikulum nasional tapi tetap Kurikulum 2013 Edisi Revisi yang berlaku secara Nasional.
- Penilaian sikap KI 1 dan KI 2 sudah ditiadakan di setiap mata pelajaran hanya agama dan ppkn namun KI tetap dicantumkankan dalam penulisan RPP
- Jika ada 2 nilai praktik dalam 1 KD , maka yang diambil adalah nilai yang tertinggi. Penghitungan nilai ketrampilan dalam 1 KD ditotal (praktek, produk, portofolio) dan diambil nilai rata2. untuk pengetahuan, bobot penilaian harian, dan penilaian akhir semester itu sama.
- pendekatan scientific 5M bukanlah satu2 nya metode saat mengajar dan apabila digunakan maka susunannya tidak harus berurutan.
- Silabus kurtilas edisi revisi lebih ramping hanya 3 kolom. Yaitu KD, materi pembelajaran, dan kegiatan pembelajaran.
- Perubahan terminologi ulangan harian menjadi penilaian harian, uas menjadi penilaian akhir semester untuk semester 1 dan penilaian akhir tahun untuk semester 2. Dan sudah tidak ada lagi uts, langsung ke penilaian akhir semester.
- Dalam RPP tidak perlu disebutkan nama metode pembelajaran yang digunakan dan *materi dibuat dalam bentuk lampiran berikut dengan rubrik penilaian (jika ada).
- Skala penilaian menjadi 1-100. Penilaian sikap diberikan dalam bentuk predikat dan deskripsi.
- Remedial diberikan untuk yang kurang namun sebelumnya siswa diberikan pembelajaran ulang. Nilai Remedial adalah nilai yang dicantumkan dalam hasil.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar